Cacingan Sebabkan Radang Vagina

Para wanita berhati-hatilah sebab ternyata cacingan juga bisa menyebabkan radang pada vagina dan mengganggu reproduksi. Ini terjadi bila cacing begerak menuju vagina atau saluran reproduksi wanita.

"Jenisnya cacing kremi betina. Bisa bergerak ke vagina dan menyebabkan radang misalnya jadi luka atau koreng. Bila bergeraknya ke ovarium tentu bisa mengganggu reproduksi. Sebab itu selalu waspada dan periksakan feses ke laboratorium bila sudah melihat gejala cacingan pada anak maupun orang dewasa" jelas Professor Saleha Sungkar DAP & E,MS dari Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Saleha yang ditemui pada sebuah talk show tentang bahaya cacingan mengemukakan kalau infeksi cacing memang bukan masalah kesehatan utama yang bisa menyebabkan kematian. Namun tentu saja akibatnya tak bisa dianggap enteng.

Pada anak-anak misalnya cacingan bisa membuat anak kurang gizi, dan terhambat proses pertumbuhannya. Belum lagi akibat lain yang disebabkan cacing yang bergerak ke paru-paru atau alat reproduksi.
"Semua harus diwaspadai dengan pemeriksaan feses secara teratur. Juga selalu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat" tambah Saleha. 

Artikel lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Return top