Asam Urat, Pantang Jeroan

PENDERITA Gout atau yang dikenal dengan asam urat dianjurkan tidak mengonsumsi makanan tertentu. Pantangan ini jatuh pada makanan yang tinggi purin, seperti pada jeroan, kacang-kacangan, dan kerang.

Jangan sepelekan anjuran dari dokter. Pasalnya, jika penderita bandel, serangan asam urat akan menanti penderitanya.

Dr Faridin Sp PD mengutarakan artritis gout muncul sebagai serangan peradangan sendi yang timbul berulang-ulang. Gejala khas dari serangan artritisgout ialah pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, panas dan gangguan gerak dari sendi yang terserang yang terjadi mendadak (akut) yang mencapai puncaknya kurang dari 24 jam.

Hampir 90 persen serangan pertama terjadi pada sendi ibu jari kaki. Di antara 2 serangan artritis maka pasien merasa sehat dan tanpa gejala.

Asam urat ini kata konsultan penyakit rematik/sendi ini merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Purin ini adalah protein yang termasuk dalam golongan nukleoprotein.

Purin dapat berasal dari makanan dan dari sel tubuh sendiri. Umumnya darah manusia dapat menampung asamurat sampai tingkat tertentu.

Bila asam urat dalam darah berlebihan maka darah tidak mampu lagi menampung asam urat dan harus dibuang ke berbagai organ terutama pada sendi dan ginjal. Padasendi, asam urat akan mengendap sebagai kristal monosodium urat yang akan mengakibatkan radang sendi akut (artritis akut).

Sedangkan, pada ginjal akan mengakibatkan terjadinya batu ginjal/saluran kemih dan penyumbatan saringan ginjal (glomerulus). Ini disebut, nefropati gout.

Nah, karena salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan asam urat adalah makanan yang mengandung purin, maka penderita dianjurkan menghindarinya. Makanan yang mengandung banyak purin itu, yaitu150-180 mg/100 g bahan makanan, seperti hati, ginjal, jantung, limpa, paru, otak, sarden, ekstrak daging.

Begitupun dengan makanan yang mengandung purin 50-150mg/100 gr bahan makanan, seperti daging , ikan, kerang, kacang-kacangan, kacang buncis, kembang kol, bayam, asparagus dan jamur, sehingga makanan ini harus dibatasi.

"Selain itu diketahui pula bahwa alkohol dapatmenyebabkan pembuangan asam urat dalam urin terganggu, sehingga semua makanan dan minuman yang mengandung alkohol harus dipantangi," kata dokter yang bertugasdi RS Wahidin ini.

[Info Nutrisi]

0 komentar:

Posting Komentar

Return top